PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR (PG-SD)
- Deskripsi Program Studi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PG-SD)
Mempunyai Visi :” menjadi program studi unggulan dalam menyelenggarakan
pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mampu bersaing di Jawa Barat dan Nasional
dengan keunggulan dalam IPTEKS dan berkarakter professional serta
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”. Dengan menawarkan Keunggulan lain, yaitu
:
1. membangun guru SD yang
unggul dalam: (1) pemahaman peserta didik dan pembelajaran SD; (2) penguasaan
bidang studi dalam mata pelajaran SD meliputi PKn, IPS, IPA, Matematika, dan
Bahasa Indonesia; (3) mampu mengembangkan dan menghargai berbagai budaya lokal
khususnya Budaya Sunda; dan (4) mampu mengembangkan profesi sebagai guru SD
berdasarkan keilmuan dan moralitas sesuai pendidikan karakter bangsa Indonesia
dan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan.
2. Keunggulan lain dari
program studi ini adalah disediakan matakuliah pilihan yang memungkinkan setiap
mahasiswa mengembangkan kompetensi keilmuan sesuai pada mutu minimal yang
ditetapkan BAN-PT.
3. Praktik-praktik mengajar
yang harus dijalani oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah
dasar sebelum mereka terjun langsung ke lembaga pendidikan sekolah dasar yang
sesungguhnya. Semakin banyak praktik dalam mengajar, maka semakin akan terbiasa
dan terasah kemampuannya dalam mengajar
- Kemampuan Lulusan
Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(PG-SD) diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:
1)
Bertaqwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta
mengaktuasisasikan perikemanusian dan kebangsaan.
2)
Kemampuan untuk mengenal peserta didik secara mendalam
yang berprinsip bahwa setiap peserta didik merupakan deferences individual dan
memberikan perlakuan sesuai kemampuan dari setiap peserta didik.
3)
Mampu menguasai bidang studi meliputi PKn, IPA, IPS,
Matematika, dan Bahasa Indonesia serta tambahan Muatan Lokal dan Bahasa
Inggris, meliputi aspek: (1) substansi dan metodologi bidang ilmu (disciplinary
content knowledge) dan (2) pengembangan bidang ilmu menjadi bahan ajar
dalam kurilum SD (pendagogical content knowledge).
4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
meliputi dalam merancang, melaksanakan, menilai pembelajaran yang mendidik yang
mengacu pada pencapaian tujuan untuh pendidikan.
5)
Mampu mengembangkan kemampuan professional secara
mendalam dalam menemukan dan memecahkan permasalahan pembelajaran dalam rangka
perbaikan pengelolaan pembelajaran secara sistematis dan ilmiah.
- Prospek Pekerjaan
selain menjadi Guru Kelas di Sekolah Dasar atau sederajat baik pada
sekolah dasar negeri maupun swasta ataupun dalam bentuk Madrasah Ibtidaíyah, lulusan dapat mengembangkan diri pada
bidang-bidang berikut: Praktisi Pendidikan, Konsultan Pendidikan, dan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar